Indahnya Berbagi Manfaat Ramadhan Bersama CK3


RAMADHAN memang telah berlalu. Tapi nuansanya masih terasa sampai hari ini. Rangkaian kisah selama hadirnya juga masih segar dalam ingatan. Dengan serangkum hikmah yang bisa dipetik sebagai pelajaran. Setidaknya ibadah berpuasa sebulan lalu, turut menyumbangkan faedah penambah bekal meniti kehidupan esok.

Begitu pula dengan ajang yang digeber Larutan Cap Kaki Tiga (CK3) di bulan suci kemarin, menorehkan kesan tersendiri dan kiranya layak mendapat apresiasi. Gelarannya yang bertajuk Ramadhan Penuh Manfaat kali ini, menggugah kita untuk meresapi sendiri kebermanfaatannya, lalu membagi ceritanya dalam tulisan, sehingga berguna pula bagi masyarakat luas.

Galibnya endapan manfaat Ramadhan jarang benar-benar teresapi. Bulan penuh rahmat itu, cenderung dianggap kesempatan mengais pahala berlipat dan pengampunan melulu. Andaikan para sedulur menyadarinya sekalipun, kaprahnya hanya serasa angin lalu ketimbang lantas menuliskannya, sebagai wujud lain berbagi pada banyak orang. Tak pelak, momennya seringkali begitu-begitu saja.

Melalui aksi inspiratif secara online tersebut, CK3 menyajikan sesuatu yang maknyus dan lagi-lagi ikut ambil bagian dalam sumbangsih nonbisnis, sebagaimana digiatkan selama ini. Bukan rahasia, brand terkenal di bawah naungan PT Kinocare Era Kosmetindo ini, tidak berorientasi profit dari beragam produknya belaka. Kontribusinya dalam urusan menyangkut kepentingan sosial rasanya juga patut diacungi jempol.


Tidak berlebihan bila menyebut spiritnya untuk berbagi sungguh terasa. Realisasinya juga ndak pake ribet dalam meringankan beban sesama yang membutuhkan. Segenap pimpinan maupun karyawan pegiatnya tampak merasakan begitu nyata, bahwa dengan berbagi tidak akan membuat pencapaian berkurang tapi justru bertambah, sehingga keberadaan CK3 selalu di hati publik berikut sederet prestasinya sampai kini.

Dengan penyelenggaraan even berlabel Ramadhan Penuh Manfaat baru-baru ini pun, CK3 menyemai sekurangnya tiga kemaslahatan. Semula pelaksanaannya turut menggairahkan aktivitas literasi. Ketika sekalian peserta diminta untuk membuat tulisan seputar manfaat Ramadhan yang dialami, akan terangsang menikmati keasyikan menulis dengan sendirinya. Di sisi lain, sensasi menulis bakal terasa bila disertai kesenangan membaca.


Itu sejalan lanskap sejarah bulan seribu bulan yang menandai turunnya Alquran, dengan kata ”Iqra” (Bacalah!) di dalamnya. Boleh dibilang esensi pesannya mengenai tuntunan baca-tulis pertama kali. Mengingat, dalam perkembangannya juga berlangsung penulisan dan pembukuan keseluruhan wahyu, berupa mushaf Kitab Suci layaknya kita jumpai hingga sekarang. Jadi, taruhlah inisiasi positif CK3 tersebut juga turut menggelorakan kegemaran baca-tulis.

Kedua, serentengan cerita pribadi semua peserta demikian, menjadi tambahan update bacaan. Tulisan-tulisan yang mengusung tema seputar Ramadhan, memang telah dirilis berbagai media sebelumnya. Namun, pengalaman khususnya tentang manfaatnya tentu bersifat personal. Curahan taste-nya yang dirasakan masing-masing orang akan berbeda. Dalam hal ini, karya-karya yang tercetus semakin memerkaya warna-warni kisahnya dan pengetahuan.


Lebih asyik lagi, selanjutnya CK3 mengapresiasi sejumlah karya peserta terpilih. Meski rerata sekadar catatan pendek, tapi bonus yang tersedia mengesankan kehendak bagi-bagi rezeki seringan hati. Sekaligus cermin penghargaan atas kegiatan menulis sebagai laku kreatif yang memerlukan proses tersendiri. Lebih-lebih selain hadiahnya menggiurkan, penyampaiannya juga cepat ke tangan pemenang sehingga bisa lekas dinikmati kegunaannya.

Walhasil, bulan penuh berkah terasa makin seru dengan indahnya berbagi manfaat Ramadhan bersama CK3 belum lama ini. Tentunya kita berharap semangat macam itu juga akan kian menginspirasi pihak-pihak lain, dalam menyambut dan memaknai bulan suci mendatang. Utamanya dengan semarak meneguhkan tradisi kepenulisan, sembari terus membugarkan empati dan kepedulian sosial.


Tambahkan Komentar

0 comments