Award untuk Hakim Tipikor

GAGASAN Indopos (Grup Jawa Pos) di Jakarta tentang urunan menggaji para hakim khusus yang menangani kasus tindak pidana korupsi (koran ini, 22 Desember 2004) perlu mendapat sambutan banyak pihak.

Gagasan tersebut mestinya juga direalisasikan di tingkat daerah provinsi sampai kabupaten/kota. Hal itu tiada lain bertujuan agar benar-benar dapat memotivasi keseriusan pemberantasan korupsi di negeri ini.

Lebih dari itu, kiranya perlu juga digagas penganugerahan award bagi para hakim (tipikor) yang berhasil membekuk lebih banyak koruptor, baik kelas teri maupun kelas kakap. Tentunya, penghargaan yang diberikan plus bonus uang yang disisihkan dari dana hasil urunan tersebut. Sebab, bagaimanapun, penghargaan berupa award –apapun bentuk barang dan namanya– akan terasa lebih prestisius daripada sekadar gaji.

Penghargaan tersebut tidak seperti bagi para artis peraih award, tetapi itu pasti akan bernilai bagi para hakim yang saat ini sedang bertugas menangkap para tersangka koruptor yang telah melahap uang rakyat. Selamat berjuang!

* Dimuat di kolom "Gagasan" Harian Jawa Pos, 6 Oktober 2004
Tambahkan Komentar

0 comments