Wajah Baru Google Chrome Euy...


CUACA sering mendung dan hujan mengundang kantuk belakangan ini yo? Semoga kabar para sobat tetap sehat walafiat dan hepi, ndak ikut mendung walau mungkin sering kehujanan hehehe...

Omong-omong, ada kabar terbaru yang bisa menjadi tombo guna menyegarkan mata neh. Datangnya tentu dari salah satu raksasa media internet. Saya juga mendapatkannya secara ndak sengaja.

Berawal ketika tiba-tiba saya mengidamkan scrollbar Facebook untuk widget blog saya tengah malam kemarin. Sebenarnya telah lama saya tertarik memakainya. Apalagi, mengingat tampilan konvensionalnya itu itu saja. Tapi, hasrat itu selalu tertunda lantaran aktivitas menyibukkan diri kikikikikikkk...

Lalu saya pun mencari informasi seputar cara pembikinannya lewat mbah Google. Cukup lama saya menelusurinya. Tutor macam itu boleh dibilang masih langka. Kalau pun sesekali muncul list artikel tentang pembuatannya, ndilalah hasilnya belum support untuk semua browser yang tersedia selama ini.

Setelah berlama-lama terus mencarinya hingga dini hari, akhirnya saya menjumpai satu ulasan menarik yang berkenaan dengan pembuatan scrollbar model itu. Lega rasanya saat menemukannya di blog milik Kang Ismet, blogger yang kiranya lebih banyak mengenyam garam dunia per-bloging-an hehehe...

Usai menyimak uraiannya dengan seksama berikut perbincangan di thread komentar, saya langsung mempraktikkannya. Hanya, ketika saya coba hasilnya berulangkali gagal. Saya pikir, mungkin hanya ada bagian yang terlewatkan. Saat melongok blog para sobat yang konon berhasil memasangnya pun ternyata scrollbar-nya masih tetap lawas oalaaah...

Di tengah kesuntukan itu, terbetik dalam benak kemungkinan sebab browser Mozilla yang saya pakai ndak mendukung untuk melihat hasilnya. Lantas saya beralih menggunakan Google Chrome sesudah menutup browser sebelumnya.

Ketika menyaksikan halaman pertama aplikasi keluaran Google ini, terlihat perubahan baru seperti yang saya idam-idamkan. Yaitu, pada bagian scrollbar-nya yang sudah mirip di pesybuk. Mulanya saya mengira itu pertanda usaha mengganti bidang gulung page untuk blog saya berhasil. Dan sekadar pengujian ulang, kemudian saya menghapus lagi kode-kode pemasangan scrollbar yang saya tambahkan di blog tersebut. Berlanjut saya membuka situs lain termasuk berganti menggunakan browser Opera.

Ternyata, scrollbar bawaan pesaing kelas berat Yahoo! ini memang berubah entah sejak kapan. Sedangkan pemasangannya untuk blog saya tetap gatot alias gagal total oalaaah...


Itulah tampilan anyar scrollbar asal Google Crome terkini. Perhatikan bagian yang ditunjuk anak panah merah di atas. Dengan tambahan sentuhan lembut pada elemen tersebut dan tampak ndak gembul lagi, jelas membikin ronanya semakin imut dan power full untuk menikmatinya berselancar di jagat maya hehehe...
Tambahkan Komentar

0 comments