Jangan Mewakili Belantik Politik


PILKADA langsung 2005 bagi banyak daerah merupakan hajatan politik untuk masyarakat. Dengan sistem pemilihan yang relatif berbeda dibandingkan masa-masa sebelumnya, tentunya warga kota dan warga kabupaten berharap agar pemilihan walikota atau bupati menghasilkan pucuk pimpinan pemkot atau pemkab yang dapat memperbaiki kondisi kesejahteraan mereka.

Diharapkan pula, momentum pilkada tahun ini memberikan pendidikan politik kepada warga agar lebih dewasa dalam menyikapi berbagai langgam dinamika sosial dan politik demi semakin mengukuhkan realisasi tujuan reformasi dan demokratisasi.

Harapan tersebut hanya bisa tercapai bila seluruh tahapan dan rangkaian proses pilkada berlangsung transparan, fair, jujur, adil, dan demokratis serta lebih mengutamakan akuntabilitas publik.

Setiap pasangan cawali atau cabup yang berkompetisi diharapkan dapat merebut simpati warga dengan mengedepankan teladan perilaku politik yang menjunjung tinggi nilai etika, moral, dan falsafah warganya.

Semoga kandidat yang kelak terpilih benar-benar dapat mengartikulasikan kehendak rakyat dan tidak merepresentasikan kepentingan para belantik politik yang selalu mengincar profit politik belaka. Selamat berlaga!

* Dimuat di kolom "Gagasan" Harian Jawa Pos, 5 April 2005
Tambahkan Komentar

0 comments