Peranti Canggih untuk Jurnalis


HIKMAH yang bisa dapat dipetik dari peristiwa penculikan dua reporter Metro TV oleh kelompok pejuang di Iraq beberapa haru lalu ialah sudah saatnya jurnalis yang ditugaskan di medan konflik, dibekali sarana yang lebih memadahi. Dengan demikian, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal penculikan terhadap jurnalis, pemerintah tidak perlu bertanya sana-sini.

Contohnya, jurnalis hendaknya dibekali alat detektor yang didesain sedemikian rupa menyerupai peranti canggih yang sering digunakan agen Barat, seperti dalam film “007” atau “Mission Impossible”. Tujuannya agar para jurnalis dapat selalu dipantau keberadaan dan keselamatannya.

Upaya demikian bukan hal yang impossible dilakukan di era serbateknologi seperti sekarang. Apakah selamanya kita hanya menjadi pengagum kecanggihan teknologi bangsa asing, tanpa disertai keinginan untuk menciptakannya.

Bila pemerintah tak sanggup mengadakan peranti semacam itu, biarlah hal tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan yang mempekerjakan para jurnalis. Pemerintah cukup menetapkan izin penggunaan alat yang amat dibutuhkan untuk kepentingan perlindungan juru pemburu berita itu di masa depan.

* Dimuat di kolom "Gagasan" Harian Jawa Pos, 26 Maret 2005
Tambahkan Komentar

0 comments